Sweet Soft World

Monday, May 08, 2006

Yahoo Messenger pada SE K500i dengan Bombus

Tulisan ini dibuat karena banyaknya kesulitan yang dihadapi rekan-rekan pengguna hp sony ericsson untuk menggunakan YM di handphonenya.

YM (yahoo messenger) saat ini merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan dalam pergaulan maupun dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Tadinya kita hanya bisa menggunakan YM dari komputer yang tersambung ke internet. Belakangan ini dengan adanya fasilitas internet dari handphone yang biasa dikenal dengan GPRS, kita bisa menggunakan YM dengan telepon selular kita dimanapun kita mau selama kita berada dalam coverage GPRS.

Selama ini ada anggapan hanya handphone ber-operating system Symbian saja yang bisa digunakan untuk YM karena selama ini aplikasi YM untuk hp hanya bisa berjalan pada OS symbian ini. Contoh aplikasi tersebut adalah: Agile Messenger, IM+, dll.

Untuk handphone yang tidak berOS symbian bagaimana?
Ada 2 cara agar bisa ber YM ria dengan handphone yang tidak memiliki OS symbian.
  • Cara pertama ialah dengan mengunakan browser wap pada hpnya. Dalam hal ini setting GPRS standar handphone harus diubah. Untuk kali ini kita tidak membahas cara ini karena perubahan setting aku rasa cukup mudah.
  • Cara kedua dengan menggunakan aplikasi berbasis Java untuk handphone dengan basis java. Aplikasi YM untuk handphone berbasis java antara lain: Mig33, Mxit, QSM, Bombus, dll.

Untuk kali ini saya akan menerangkan cara setting Bombus dan QSM pada handphone Sony Ericsson K500i.


Langka-langkah untuk konfigurasi handphone SE K500i:

  1. Pastikan Setting GPRS dihandphone sudah dilakukan, kalau belum, Clik disini.
  2. Download aplikasi YM untuk SE K500i (download: Bombus dan QSM), alamat situsnya: http://waptrue.ws/files/icq/index.php#card1 (gunakan browser standar handphone).
  3. Setelah kedua aplikasi tersebut didownload, buka aplikasi QSM dan lakukan registrasi akun baru dengan cara menekan tombol More, New user, Select. Kolom Server diganti dari jabber.org dengan netmindz.net, setelah itu tekan more, lalu Ok dan Yes. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi ke netmindz.net berhasil, lalu muncul menu Create New Account. Pada menu ini kita tinggal mengisi Username dan password. Ini bisa disesuaikan dengan account yahoo kita agar lebih mudah. Setelah itu tekan more lalu ok, kemudian tunggu hingga proses registrasi selesai.
  4. Setelah proses registrasi berhasil, pilih login, more lalu ok.
  5. Jika loginnya berhasil, akan muncul Main Menu. Dari main menu, pilih Register with Trans, lalu more dan ok, kemudian pilih Yahoo! Transport, more lalu ok. Akan muncul notifikasi registring with gateway, tunggu hingga muncul menu Gateway Registration. Pada menu ini masukan UserName dan password Yahoo yang kita gunakan, kemudian tekan more dan ok. Jika proses registrasinya berhasil, maka akan kembali ke main menu. Dari main menu pilih BuddyList, more dan Ok untuk mendownload list yang terdaftar di YM kita. Tunggu proses ini hingga selesai, lalu keluar dari QSM.
  6. Buka Aplikasi Bombus, lalu masukan Username dan Password sesuai yang kita daftarkan sebelumnya di QSM. Untuk Server diisi dengan netmindz.net. Tekan more dan ok, kemudian tunggu hingga proses login selesai, dan siap digunakan.

-=semoga bermanfaat=-

1 Comments:

Post a Comment

<< Home